search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami
Selasa, 5 April 2022, 15:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Apakah Anda sering mengalami kondisi haid yang tidak teratur? Di mana bisa berlangsung terlalu lama atau sangat pendek serta bingung dengan polanya? Jika demikian jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi haid tidak teratur.

Diketahui, ada beberapa faktor utama yang berperan dalam membantu mengatur periode haid. Melansir dari situs Centre Spring MD, Minggu (3/4/2022), adapun faktor utama tersebut yakni sebagai berikut:

  • Tingkat stres Anda dan bagaimana Anda mengelolanya setiap hari
  • Makanan yang Anda makan, termasuk asupan sayuran, gula, dan kafein tertentu
  • Ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan ovulasi, PCOS, atau pil KB.

Tips Mengatasi Haid Tidak Teratur

Ada beberapa tips mengatasi haid tidak teratur yang bisa Anda terapkan. Masih melansir dari laman Centre Spring MD, simak berikut ini tips mengatasinya.

1. Pastikan Anda mendapatkan cukup lemak

Asupan lemak sehat yang cukup penting untuk fungsi hormon dan keteraturan menstruasi. Faktanya, pendarahan yang tidak normal bisa menjadi tanda asupan lemak yang rendah. Memasukkan beberapa lemak sehat dalam diet Anda adalah cara mudah untuk memperbaiki gejala periode menstruasi yang tidak teratur dan mengatur siklus yang tidak teratur. 

2. Kurangi asupan gula

Gula bisa menjadi pemicu menstruasi yang tidak teratur pada banyak wanita. Mengkonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat memperburuk resistensi insulin yang dapat menyebabkan masalah menstruasi dan perubahan hormonal lainnya.

 

Cara terbaik untuk mengurangi asupan gula Anda adalah dengan menghilangkan makanan olahan dari diet Anda. 

3. Lewati diet rendah karbohidrat

Makan super rendah karbohidrat dapat mengganggu fungsi tiroid, yang berdampak pada siklus menstruasi. Diet rendah karbohidrat terkadang direkomendasikan untuk membantu menurunkan berat badan, dan dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Tetapi perlu diingat cara ini tidak ideal untuk semua orang, jadi Anda tetap perlu makan karbohidrat kompleks serta sayuran dan buah-buahan.

4. Meminimalisir stres

Banyak wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur atau jarang karena tingkat stres yang tinggi. Stres memiliki dampak langsung pada sumbu hipotalamus-hipofisis-ovarium (HPO), yang dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Di sisi lain, pastikan juga mendapat tidur yang cukup serta olahraga teratur.

5. Masukkan sayuran silangan ke dalam makanan Anda

Sayuran seperti selada, brokoli, dan sebagian besar sayuran hijau tua memiliki komponen yang membantu memetabolisme kelebihan estrogen dan menyeimbangkan hormon. Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen dalam sayuran tersebut mendukung siklus menstruasi yang sehat dan dapat mengurangi risiko beberapa kanker yang sensitif terhadap estrogen.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami