search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tradisi Gebug Ende Digelar Peringati HUT STT Suryaning Kangin
Senin, 20 Juni 2022, 20:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tradisi Gebug Ende Digelar Peringati HUT STT Suryaning Kangin.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Lestarikan budaya leluhur sekaligus memeriahkan hari jadi Sekaa Truna Truni (STT) Suryaning Kangin, Banjar Dinas Merajan, Desa Seraya Barat, Karangasem gelar tradisi Gebug Ende pada Senin (20/6/2022). 

Ketua Panitia kegiatan, Ketut Putra Wirakusuma menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar tradisi Gebug Ende dalam perayaan hari jadi ke-39 STT Suryaning Kangin dengan tujuan untuk melestarikan budaya leluhur yang telah diwariskan secara turun temurun di Desa Seraya.

"Melalui momentum ini, kita sebagai generasi muda wajib melestarikan budaya leluhur yang kita miliki di Desa Seraya," ujar Wirakusuma.

Seperti yang diketahui, Tradisi Gebug Ende merupakan salah satu tradisi unik di Kabupaten Karangasem yang ada di Desa Seraya. Tradisi ini digelar juga diketahui erat kaitannya dengan ritual untuk memohon turunnya hujan. 

Selain Gebug Ende, dalam rangkaian Hut STT ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti kejuaraan Bola Volly, donor darah dan kegiatan sosial memperbaiki bangunan pelinggih di Pura Beji yang ada di Desa Seraya.

"Besok puncak perayaan, dengan menghadirkan salah satu penyanyi Bali yang sedang ngetren saat ini dan rencananya juga akan dibuka langsung oleh bapak Wakil Bupati. Sebenarnya HUT STT pada tanggal 10 Mei, karena ada halangan sehingga perayaannya diundur menjadi besok 21 Juni 2022," kata Wirakusuma.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami