search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Walau Ada Kredit Macet, BPD Bali Pastikan Dana Masyarakat Aman
Rabu, 6 Desember 2017, 08:53 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

BPD Bali memastikan dana masyarakat yang tersimpan di bank tersebut dalam keadaan aman walau ada beberapa kredit macet. 
 
Humas BPD Bali, A A Made Agung dalam keterangan persnya mengatakan tingkat kesehatan Bank dalam predikat 2 (sehat) sehingga mencerminkan kondisi Bank secara umum sehat. Hal ini dinilai mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya, tercermin dari penilaian faktor profil risiko, penerapan Good Corporate Governance (GCG), rentabilitas, dan permodalan yang secara umum baik. 
[pilihan-redaksi]
"Kami pastikan bahwa dana masyarakat aman di Bank BPD Bali," tandasnya.
 
Sementara, dia memang mengakui ada beberapa kredit macet yang dialami 2 debitur yakni PT KCPP dan PT HBP. Namun keduanya sudah menghadapi proses lelang. 
 
"Khusus untuk kredit macet PT. KCPP tujuan kredit untuk pembangunan hotel, di mana saat ini hotel sudah beroperasi," sebutnya. 
 
Kata dia, proses awal pengajuan kredit PT KCPP dilakukan pada awal Agustus 2014 dan pencairan kredit bertahap, terakhir tanggal 23 Januari 2015. Pada saat ini, hotel tersebut sedang dalam pengurusan dan pemberesan oleh pihak kurator karena dalam posisi pailit sesuai Putusan Nomor 10/PKPU/2015/PN.NIAGA.SBY tanggal 15 Agustus 2016. 
 
Sementara, debitur lainnya kredit yakni PT. HBP saat ini sedang melakukan proses lelang. Disebutkan, proses awal permohonan kredit pada Januari 2012 dan pencairan kredit bertahap, terakhir tanggal 15 April 2013. Penyelesaian kredit telah dilakukan dengan dua kali lelang sehingga sisa pokok kredit menjadi sebesar Rp 29,8 miliar.
 
"Penyaluran kredit atas kedua debitur tersebut di atas, telah memenuhi prosedur internal Bank BPD Bali dan tidak ada pembobolan," katanya. 
 
Menurutnya, apabila terdapat kelemahan, maka secara umum kelemahan tersebut kurang signifikan. Pasalnya merujuk  pada predikat 2 (sehat) dan GCG selayaknya BPD secara performa tergolong bank dengan performa sehat dan GCG.
 
Adapun kondisi kredit macet BPD Bali yakni sebesar Rp 304 miliar. Sementara kredit kurang lancar sebesar Rp66 miliar. Kondisi kredit terhitung lancar Rp 15.518 miliar. Dalam perhatian khusus sebesar Rp 359 miliar dan diragukan sebesar Rp 55 miliar. [bbn/wrt]

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami