search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Desa Adat Besakih akan Gelar Pecaruan, Koster Segera Keluarkan Surat Edaran
Jumat, 24 Maret 2023, 18:47 WITA Follow
image

beritabali/ist/Desa Adat Besakih akan Gelar Pecaruan, Koster Segera Keluarkan Surat Edaran

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Desa Adat Besakih berencana untuk melakukan upacara pembersihan pasca beredarnya foto aksi tak senonoh wisatawan asing saat mendaki di Puncak Gunung Agung, Karangasem, Bali beberapa waktu lalu. 

Hal ini disampaikan langsung oleh, Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, I Gusti Mangku Jana saat ditemui awak media dikawasan parkir Manik Mas, Besakih, pada Jumat (24/3/2023). 

"Ya akan dilaksanakan pecaruan, kita akan rembugkan dulu kapan akan digelarnya," ujar Gusti Mangku Jana. 

Sebagai pemucuk pemangku Pura Agung Besakih, ia mengaku sangat menyayangkan apa yang dilakukan oleh bule tersebut, mengingat Gunung Agung merupakan Gunung yang sangat disucikan oleh umat hindu di Bali khususnya di Kabupaten Karangasem. 

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster usai pengukuhan pengurus badan pengelola fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih mengatakan, terkait aksi bule tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk menelusuri kapan kejadian tersebut berlangsung. 

"Tadi saya dapat info, kejadiannya pada bulan Januari lalu, Bule ini sudah kembali ke negaranya. Atas aksi tersebut kita Pemerintah Provinsi Bali akan segera membuat surat edaran terkait aktivitas pendakian," kata Koster.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami