Informasi

Tanam Bibit Jagung di Subak Datah, Bupati Gede Dana Targetkan Hingga 400 Hektar di Karangasem

 Selasa, 30 Mei 2023, 03:45 WITA

beritabali/ist/Tanam Bibit Jagung di Subak Datah, Bupati Gede Dana Targetkan Hingga 400 Hektar di Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Mewujudkan ketahanan pangan serta optimalisasi sektor pertanian, utamanya pertanian tadah hujan, Pemkab Karangasem melakukan berbagai upaya guna menggenjot hasil pertanian kendati hampir 90 persen di Karangasem merupakan lahan kering. 

Varietas jagung mejadi salah satu solusi untuk pertanian lahan kering selain ubi atau ketela pohon dan kapas. Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Karangasem, I Gede Dana, Senin (29/5/2023) pagi melakukan kegiatan menanam benih jagung secara simbolis di lahan tadah hujan di Subak Datah, Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem

Kegiatan ini sekaligis menadai dimulainya "Gerakan Tanam Jagung" yang nantinya akan di laksanakan di sejumlah daerah di Karangasem dengan target luasan lahan total 400 hektar.

Dari hasil kajian Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, diketahui jika benih jagung jenis hibrida varietas unggul Betras 1 sangat cocok untuk dikembangkan di lahan pertanian tadah hujan di Desa Datah. 

Bibit unggul ini rencananya akan disalurkan kepada 37 kelompok tani/subak. Dimana Lokasi pengembangan jagung di Kabupaten Karangasem diantaranya tersebar di Kecamatan Abang sebanyak 27 kelompok/subak, di Kecamatan Karangasem 6 Subak, Bebandem 3 Subak dan di Kecamatan Manggis 1 Subak.

Seusai menanam benih jagung secara simbolis, Bupati Dana menyempatkan diri duduk bersama para petani jagung untuk menyerap aspirasi para petani. Dalam sambutannya, Bupati Gede Dana mengatakan, kehadirannya memberikan semangat kepada para petani yang merupakan tulang punggung ketahanan pangan di Kabupaten Karangasem.

"Petani jagung patut berbangga dan terus semangat menanam, karena komoditas jagung memiliki potensi untung lebih tinggi dibanding komoditas lainnya," ucap Gede Dana yang menerangkan bahawa komoditas jagung merupakan tanaman pangan kedua setelah padi. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Informasi Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending