search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Air Danau Buyan Meluap
Senin, 25 April 2011, 19:02 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Air Danau Buyan di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng terus mengalami peningkatan. Sedikitnya tiga kepala keluarga telah mengungsi dari tiga belas rumah yang terendam air danau lantaran mengalami peningkatan debit air sejak bulan Februari lalu.

Dalam waktu dua bulan sejak Februari lalu, meluapnya air Danau Buyan di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada menyebabkan 13 rumah milik warga di sekitar Danau Buyan terendam antara setengah meter hingga mencapai dua meter.Dari tiga belas rumah yang terendam, tiga kepala keluarga terpaksa mengungsi dan sepuluh kepala keluarga masih tetap bertahan.

"Terhadap warga yang rumahnya terendam air luapan Danau Buyan belum ada penanganan secara maksimal, sehingga dari tiga belas rumah, kondisi terparah dialami tiga rumah yang terpaksa mengungsi ke rumah kerabat, demikian juga ada puluhan lahan pertanian terendam," ungkap Perbekel Desa Pancasari, Wayan Darsana, Minggu (24/4)

Kondisi terparah dialami Dewa Made Raka, yang keseharian sebagai Guru di SD Negeri 4 Pancasari, dimana Mess Rumah Guru yang ditempati telah terendam setinggi dada orang dewasa.

" Mess guru SD 4 Pancasari yang pertama terendam. Dan sekarang sudah setinggi dada orang dewasa, sehingga dengan terpaksa bersama keluarga mengungsi dengan memanfaatkan sebuah mess guru yang sudah tidak layak huni," ujarnya.

Meluapnya air danau Buyan juga memberikan imbas pada warga petani Strowberry dan sayur mayur di Pancasari. Puluhan lahan pertanian itu terendan air antara empat meter hingga delapan meter yang berdampak dengan hilangnya mata pencaharian warga."Kebentulan saya punya lahan 10 are, semuanya sudah terendam, sementara ini untuk menghidupi keluarga terpaksa saya mencari kerjaan lain sebagi buruh bangunan," ujar Nyoman Suparta.

Selain merendam tiga belas rumah milik warga, lokasi SD Negeri 4 Pancasari juga sebagian mulai terendam air, namun air hanya tergenang pada bagian halaman saja sehingga tidak menganggu proses belajar mengajar. Namun kondisi mess rumah guru telah terendan secara total hanpir mencapai delapan meter.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami