search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Balar Bali Temukan Pondasi Candi Hindu Abad 13
Senin, 12 Mei 2014, 14:53 WITA Follow
image

beritabali.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Tim Balai Arkeologi Denpasar (Balar) berhasil menemukan pondasi sebuah candi Hindu abad ke 13, dalam ekskavasi atau penggalian situs purbakala di wilayah Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.Penemuan pondasi candi Hindu ini saat tim Balar melakukan penggalian  di situs Pura Gelang Agung, Banjar Buangga, Getasan Petang. Penggalian tahap ke-2 ini dilakukan mulai 2 Mei hingga 15 Mei Mendatang.

Saat proses penggalian, tim menemukan tumpukan batu padas di luar halaman utama Pura Gelang Agung. Batu padas itu diperkirakan bagian struktur candi Hindu pada abad 13-14 Masehi.

"Susunan batu padas yang kami temukan ini bentuknya memanjang ke arah utara dan timur dengan panjang 2,5 meter dan pada kedalaman 1,75 meter. Kalau melihat bentuk strukturnya, ini sudah pasti sebuah candi,"jelas Ketua Tim Peneliti Situs Pura Gelang, Anak Agung Gede Oka Astawa.

Sebelum penemuan pondasi candi kali ini, sebelumnya Tim Balar telah melakukan penelitian pada pertengahan 2013 di lokasi yang sama. Saat itu tim peneliti menguak susunan fondasi bangunan yang diduga sebuah candi pemujaan Hindu.

Pada saat itu pondasi candi ditemukan di kedalaman 1,5 meter. Selain itu tim juga menemukan ratusan uang kepeng dan puluhan arca dewa yang biasa dipuja umat Hindu.

"Selain batu padas, benda arca juga banyak ditemukan warga sekitar. Temuan terbaru ini semakin menguatkan jika Pura Gelang Agung merupakan sisa dari sebuah situs besar peninggalan masa lampau,"jelasnya.

 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami