search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BBPOM Bali Sita Apel Gala dan Smith di Pasar Tabanan
Senin, 2 Februari 2015, 15:11 WITA Follow
image

bbn/net/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Untuk mengantisipasi peredaran buah apel impor yang mengandung bakteri berbahaya,  petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bal,  hari Senin (2/2/2015),  mendatangi sejumlah pasar, tempat perbelanjaan, dan pasar grosir di kabupaten Tabanan. Dalam kegiatan ini, petugas menyasar buah apel import khususnya merk Royal Gala dan Grand Smith. 
 
Inspeksi mendadak BBPOM Bali antara lain dilakukan ke sebuah pasar tradisional di kota Tabanan Bali. Kedatangan sejumlah petugas BBPOM Bali membuat para pedagang di pasar terkejut. Dalam sidak ini, petugas menemukan beberapa apel jenis Royal Gala dan Grand Smith yang masih dijual di lapak pedagang.

Petugas BBPOM Bali kemudian menyita puluhan apel jenis Gala dan Smith yang berbahaya bagi tubuh manusia jika dimakan. Selain menyita, petugas BBPOM juga memberi penyuluhan tentang bahaya apel impor berbakteri jika tetap dijual bebas di pasar.

Penyitaan apel impor berbahaya membuat pedagang kecewa dan menderita kerugian. Meski kecewa dan rugi, para pedagang pasar mengaku bisa memahami tujuan dari sidak dan penyitaan tersebut.

 

 

 

"Sampel buah apel yang disita  selanjutnya akan diuji labotarioum BBPOM.  Uji laboratorium ini dilakukan untuk mengetahui apakah buah tersebut terindikasi bakteri berbahaya atau tidak dan layak untuk dikonsumsi masyarakat," jelas Endang Widowati, Kepala BBPOM Bali.

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami