search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dana Rp 50 Triliun, Bandara Buleleng Dilengkapi Aero City hingga Marina
Rabu, 28 September 2016, 21:15 WITA Follow
image

bbn/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Bandara baru di Buleleng siap dibangun 2017. Dana yang disiapkan untuk membangun bandara di Bali utara ini sebesar Rp 50 triliun.
 
Presiden Direktur  PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti , I Made Mangku, di Denpasar (28/9) mengatakan, bandara baru di Buleleng ditargetkan sudah mulai dibangun pada 2017.
 
Selain bandara, juga akan dibangun berbagai fasilitas penunjang seperti pembangkit listrik (power plant) yang akan menggunakan lahan 150 hektar, Aero City seluas 600 hektar, sekolah, rumah sakit, mall, hingga tempat rekreasi.
 
Untuk bandara, akan dibangun dua runway dan terminal penumpang. 1 runway untuk landing, dan 1 lagi untuk take off.
 
"Terminal penumpang akan dibuat connect (terhubung) dengan aerocity dan juga connect dengan terminal cargo,"ujarnya.
 
Selain itu, juga akan dibangun pelabuhan Marina untuk kapal pesiar yang berdampingan dengan airport. Dan yang tak kalah penting, akan dibangun infrastruktur jalan termasuk tol.
 
Pembangunan bandara baru di Buleleng beserta fasilitas pendukungnya diperkirakan akan memakan biaya Rp 50 triliun. Investor utamanya adalah Airports Kinesis Finance (AKF) dari Kanada. AKF akan membangun bandara dan terminal penumpang.
 
Infrastruktur jalan akan dibangun oleh investor dari Korea Selatan. Sementara Aero City akan dibangun oleh investor dari Belarusia. Namun semua dibawah koordinasi investor AKF Kanada.
 
"Pelaksana pembangunan semua dilakukan oleh PT PT BIBU Panji Sakti dengan investor dari Kanada, Korea, dan Belarusia. Setelah jadi, baru akan ditunjuk siapa operator bandara yang dinilai layak mengoperasikan bandara baru tersebut,"ujar Mangku.[bbn/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami