search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kubu Pro : Yang Tolak Reklamasi Sebaiknya Punya Alasan dan Data Kuat
Kamis, 6 Oktober 2016, 09:15 WITA Follow
image

bbn/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Pro dan kontra rencana reklamasi Teluk Benoa hingga kini terus bergulir. Kubu Tolak reklamasi tetap konsisten menolak dengan sudut pandang dan argumennya. Sementara kubu pro reklamasi juga tetap konsisten mendukung dengan perspektif dan alasannya tersendiri.
 
Salah satu pendukung rencana reklamasi Anak Agung Gede Artyawan yang merupakan salah satu tokoh Pemogan Denpasar mempertanyakan apa dasar penolakan rencana reklamasi Teluk Benoa. 
 
"Apakah karena banjir, apakah karena akan tenggelam jika ada reklamasi ? Apa dasar atau alasan penolakan reklamasi Teluk Benoa? Mana data dan bukti buktinya yang bisa dipertanggungjawabkan ? Janganlah asal tolak,"ujar Agung, di Denpasar (5/10).
 
"Jika kita yang mendukung rencana reklamasi dikatakan pro investor, maka harus disadari, mungkin sekitar 90 persen warga Bali kini bekerja dengan investor atau pemilik modal, dalam hal ini pemilik hotel-hotel, vila-vila, travel, dan berbagai usaha lainnya. Jadi siapa yang tidak bekerja untuk investor atau pemilik modal ?,"imbuhnya.
 
Agung berharap agar masyarakat yang menolak rencana reklamasi Teluk Benoa tidak hanya berkata tolak tanpa ada penjelasan yang masuk akal disertai data-data yang akurat dan kuat.
 
"Jika semua rencana pembangunan ditolak, maka tidak akan ada investor yang datang berinvestasi ke Bali. Jika setiap proyek didemo, akan berdampak buruk bagi pembangunan Bali ke depannnya, yang rugi ya masyarakat Bali sendiri, mengingat saat ini masih banyak yang menjadi pengangguran, tanpa pekerjaan pasti," ujarnya.
 
Jika memang ada penolakan terhadap rencana reklamasi Teluk Benoa, imbuhnya, lebih baik disertai argumen yang bagus. 
 
"Lebih baik kita adu kajian, bukan asal demo dan asal tolak saja. Kalau memang tidak bisa membuktikan apa yang dikhawatirkan, sebaiknya legowo saja,"ujarnya.
 
Anak Agung Gede Artyawan menyatakan, saat ini masalah pengangguran menjadi problem serius yang harus dipecahkan sehingga semua pihak diminta untuk berfikir realistis bahwa Bali masih sangat bergantung pada sektor pariwisata.
 
Menurutnya, pembangunan sektor kepariwisataan di Kota Denpasar dan Badung atau wilayah Bali Selatan terus menggeliat ditandai terus berlangsungnya pembangunan sarana akomodasi hotel, vila dan lainnya.
 
Hal itu menunjukkan, jika sektor pariwisata masih menjadi primadona bagi Bali. Lebih dari itu, pariwisata telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
 
Agung menyadari bahwa masyarakat Bali memiliki pandangan berbeda dalam menyikapi pro-kontra reklamasi Teluk Benoa, namun menurutnya hal itu wajar adanya perbedaan pendapat.
 
"Banjar saya (Sakah) memberikan kebebasan kok kepada warganya menyampaikan sikap. Apalagi, pilihan sikap itu merupakan bagian dari hak asasi manusia yang diatur dalam konstitusi UUD 1945,"pungkasnya.[bbn/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami