search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rentetan Gempa Tektonik Tandai Suplai Magma Baru Gunung Agung
Kamis, 13 Juni 2019, 07:23 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Empat Kali Gempa Tektonik berkekuatan lebih dari tiga skala richter mengguncang wilayah timur laur Karangasem sepanjang Rabu (12/06/2019) rupanya berpengaruh cukup signifikan terhadap aktifitas vulkanik Gunung Agung.
 
[pilihan-redaksi]
Seperti yang dijelaskan oleh Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devy Kamil Syahbana bahwa rentetan gempa yang terjadi sepanjang hari ini di utara Gunung Agung ada kaitannya dengan suplai magma baru dari kedalaman.
 
"Ya rentetan gempa yang terjadi hari ini berkaitan dengan suplai magma Gunung Agung," ujarnya.
 
Suplai magma baru ini juga terkonfirmasi oleh instrumen GPS sebagai fase penggembungan badan gunung atau disebut juga proses inflasi yang diakibatkan oleh adanya penambahan jumlah magma diperut Gunung Agung
 
Meski demikian menurut Devy Kamil Syahbana, untuk proses naiknya magma dari dalam perut Gunung menuju ke permukaan tentunya memerlukan waktu bisa sampai berminggu-minggu atau hanya perlu waktu beberapa hari saja setelah kemunculan gempa tektonik lokal di wilayah utara seperti pada bulan Juni tahun 2018 lalu.
 
Untuk itu, potensi untuk terjadinya erupsi masih ada, meskipun saat ini belum signifikan. Suplai magma bisa jadi keluar dalam bentuk letusan-letusan diskrit dengan lontaran lava pijar seperti yang terjadi beberapa waktu lalu atau bisa juga dengan efusi lava di dalam kawah. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami