search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konsolidasi Lahan Sanggulan Rampung, Desa Adat Gelar Upakara
Rabu, 2 September 2020, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Rampungnya proses penggarapan konsolidasi lahan atau Land Consolidation (LC) di wilayah Sanggulan Kediri, Tabanan Desa Adat setempat menggelar upakara Ngerapuh, Mecaru dan Melaspas pada Rabu, (2/9). Tujuannya untuk mengucap syukur dan meresmikan secara niskala. 

Seorang pemilik tanah yang juga panitia acara upakara, Wayan Doye mengatakan kegiatan karya ini digelar sebagai rasa syukur atas berjalannya LC Sanggulan yang sudah mangkrak selama kurang lebih 34 tahun. Selain itu, juga melakukan pemelaspasan jalan baru untuk di wilayah LC ini.

"Kami selaku pemilik dan panitia mengucapkan terimakasih atas berjalannya LC Sanggulan ini dan sudah difasilitasi jalan baru. Sehingga desa adat beserta panitia hari ini digelar karya Ngerapuh, Mecaru dan Melaspas jalan di areal LC Sanggulan ini," jelas Doye usai upacara, Rabu (2/9).

Bendesa Adat Sanggulan, I Ketut Suranada menambahkan, setelah adanya penataan LC Sanggulan ini pihaknya akan melakukan pengelolaan kembali dengan tetap sebagai lahan pertanian saat ini. Namun kedepannya akan diserahkan ke pemilik tanah masing-masing. 

Pihaknya juga menyatakan sangat bersyukur LC Sanggulan akhirnya terealisasi setelah 34 tahun mangkrak

Sehingga sebagai wujud syukur tersebut sudah melaksanakan karya dan sudah berjalan dengan lancar. 

"Saat ini kemungkinan masih untuk pengelolaan lahan pertanian dan perkebunan. Namun, untuk beberapa tahun kemudian tergantung dari pemilik tanah masing-masing. Artinya kita serahkan ke masing-masing akan dimanfaatkan untuk apa saja dengan catatan kita akan tetap mengontrol dan memantau sesuai kewenangan kita di Desa Adat sebagai penanggung jawab," jelasnya. 

Ketua Tim LC BPN Tabanan yang juga Kasi Penataan Pertanahan BPN Tabanan, I Nyoman Mertayasa menyatakan, kegiatan karya pemelaspasan tersebut sebagai ucapan syukur secara niskala bahwa LC Sanggulan sudah bisa terealisasi. 

"Artinya sekarang Skala Niskala sudah berjalan lancar. Dan kami ucapkan terimakasih LC Sanggulan ini sudah bisa terealisasi," katanya. 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami