search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Telepon Zelensky, Liz Truss Janji Dukung Ukraina Lawan Rusia
Rabu, 7 September 2022, 07:17 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Telepon Zelensky, Liz Truss Janji Dukung Ukraina Lawan Rusia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss menjanjikan dukungan penuh kepada Ukraina dalam melawan Rusia. Hal itu disampaikan Truss melalui panggilan telepon bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (6/9) waktu setempat.

"Dalam panggilan telepon pertamanya sejak menjabat, Perdana Menteri (Truss) menegaskan kepada pemimpin Ukraina bahwa mereka mendapatkan dukungan penuh darinya," kata juru bicara Truss, seperti diberitakan AFP.

"Ukraina juga dapat bergantung pada bantuan Inggris untuk jangka panjang," ia menegaskan.

Dalam panggilan telepon itu, kata jubir, Truss dan Zelensky juga disebut membahas "kebutuhan untuk memperkuat keamanan global dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memotong anggaran mesin perang Putin."

"Para pemimpin menyesalkan upaya Putin dalam mempersenjatai energi. Perdana Menteri (Truss) mengatakan angat penting bahwa ancaman Rusia tidak menghalangi Barat untuk memastikan Putin gagal (lawan Ukraina)," jubir menambahkan.

Senada, Presiden Ukraina Volodymur Zelensky mengatakan telah berkoordinasi dengan PM baru Inggris Liz Truss untuk memberikan tekanan lebih lanjut kepada Rusia pada bulan ketujuh invasi Moskow ke Ukraina.

"Berterima kasih kepada orang-orang Inggris atas pertahanan utama dan bantuan ekonomi untuk Ukraina. Penting bahwa Inggris siap untuk memperkuat itu," keterangan Zelensky di media sosialnya.

"Tujuannya adalah untuk menghentikan agresi dan membawa para pelaku ke pengadilan. Penting untuk menetapkan Rusia sebagai negara teroris."

Inggris telah menjadi sekutu setia Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari. Mereka juga menyalurkan perangkat keras militer, pendanaan, hingga sumber daya pelatihan ke pasukan Kyiv.

Liz Truss merupakan perdana menteri bar Inggris yang menggantikan Boris Johnson, salah satu pendukung terbesar Zelensky dalam melawan Rusia.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami