search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kasusnya Muncul Lagi, Ini Lima Gejala Khas Gagal Ginjal Akut Pada Anak
Selasa, 7 Februari 2023, 09:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kasusnya Muncul Lagi, Ini Lima Gejala Khas Gagal Ginjal Akut Pada Anak

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menemukan kasus gagal ginjal akut pada anak. Masih sama seperti sebelumnya, gagal ginjal akut pada kasus terbaru ini juga diduga disebabkan oleh konsumsi obat sirop tertentu.

Hal ini jelas memicu kekhawatiran masyarakat. Agar lebih waspada, Anda perlu memahami beberapa gejala gagal ginjal akut.

Gejala gagal ginjal akut

Salah satu yang paling khas terlihat pada urine anak. Pada kasus gagal ginjal akut, frekuensi berkemih anak akan berkurang drastis.

Berikut beberapa gejala yang perlu diwaspadai, mengutip berbagai sumber.

1. Jarang pipis

Penurunan frekuensi buang air kecil pada anak jadi salah satu gejala yang khas.

Dalam kondisi sehat, seorang anak umumnya akan buang air kecil 5-6 kali dalam satu hari. Jika kurang dari itu, maka orang tua perlu waspada.

Atau, jika anak ditemukan tidak buang air kecil selama enam jam, orang tua juga disarankan untuk membawa buah hati ke dokter.

2. Demam

Demam menjadi salah satu gejala gagal ginjal akut. Demam menjadi penanda bahwa sistem kekebalan tubuh tengah berjuang melawan penyakit.

Para ahli menyepakati bahwa suhu tubuh anak yang normal yakni sekitar 37 derajat Celcius. Lebih dari itu, orang tua perlu waspada.

3. Batuk

Dalam data yang dimiliki Kementerian Kesehatan (Kemenkes), batuk juga menjadi salah satu tanda gagal ginjal akut pada anak.

4. Diare

Orang tua juga perlu waspada jika anak mengalami diare. Kondisi ini terjadi saat seorang anak buang air besar lebih sering dengan kondisi feses yang encer atau cair.

5. Kelelahan

Sama seperti demam, rasa lelah biasanya muncul saat tubuh terlalu banyak mengeluarkan energi untuk melawan penyakit yang menyerang.

Gagal ginjal akut merupakan kondisi saat fungsi ginjal mengalami penurunan atau berhenti secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa memicu sejumlah masalah pada organ vital lainnya.

Pada akhir 2022 lalu, gagal ginjal akut pada anak sempat menjadi sorotan. Lebih dari 100 anak dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Memahami beberapa gejala gagal ginjal akut di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami