search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasca Pandemi Covid-19, Pelaku UKM Badung Kembali Bekerja di Sektor Formal
Selasa, 4 April 2023, 14:51 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pasca Pandemi Covid-19, Pelaku UKM Badung Kembali Bekerja di Sektor Formal.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Pelaku UKM di Badung kembali beralih ke tenaga kerja formal pasca pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung, Made Widiana mengatakan perkembangan UKM di Kabupaten Badung pasca pandemi kembali bergeser.

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan karena tenaga kerja formal sempat dipulangkan dan diistirahatkan di rumah oleh hotel dan restaurant saat kondisi Pandemi. Lantas, agar mampu menyambung hidup mereka membuka usaha.

Namun seiring dengan pariwisata yang mulai kembali menggeliat, hotel dan restoran pun memanggil mereka untuk kembali bekerja.

"Mereka kembali ke tenaga kerja formal guna melakoni tugas-tugas kesehariannya," jelasnya belum lama ini.

Meski demikian, ada pelaku UKM yang dari awal memang membuka usaha tetap eksis bertahan hingga saat ini. Ia mencontohkan seperti usaha ACK Fried Chicken yang kini memiliki sebaran 200 outlet dengan tingkat penyerapan ribuan tenaga kerja di seluruh Bali.

"ACK Fried Chicken ini mampu menciptakan lapangan kerja bagi ribuan masyarakat Badung dan Bali pada umumnya hingga saat ini," ucapnya.

Sementara, Founder ACK Fried Chicken, I Made Artana menyampaikan, banyak hal penting terkait pengalaman operasional serta pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) telah dialami saat mengembangkan usaha kulinernya hingga saat ini.

"Usaha yang telah saya jalani ini telah mampu menyerap sebanyak 1.200-1.300 tenaga kerja dengan menggandeng sebanyak 35 supplier lokal," tutup Artana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami