search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wisatawan Dilarang Mendaki Gunung, Pemandu Minta Diskusi Publik untuk Menyerap Aspirasi
Jumat, 2 Juni 2023, 19:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Wisatawan Dilarang Mendaki Gunung, Pemandu Minta Diskusi Publik untuk Menyerap Aspirasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pemandu wisata pendakian gunung berharap ada semacam regulasi yang jelas untuk mengatur aktivitas pendakian bagi wisatawan. 

Harapan itu disampaikan menyusul adanya isu penutupan aktivitas pendakian untuk wisatawan dengan adanya Surat Edaran Pemerintah Provinsi Bali untuk menjaga kesucian semua gunung di Bali seperti salah satunya Gunung Agung di Karangasem. 

Seperti dikatakan oleh Ketua Forum Pemandu Wisata pendakian Gunung Agung, I Ketut Mudiada. Pihaknya menyambut baik Surat Edaran Pemerintah Provinsi Bali tersebut, namun besar harapan para pemandu agar rencana peraturan daerah yang melarang aktivitas pendakian wisata di Gunung Agung tidak diterapkan. 

Ia berharap ada semacam regulasi yang terstruktur dan jelas mengatur tentang pendakian Wisata Gunung untuk menjaga kesucian serta memberikan dampak pengembangan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat di kaki gunung khususnya di Gunung Agung yang ada di Karangasem, Bali. 

"Diskusi publik mungkin diperlukan untuk menyerap aspirasi dari kalangan Asosiasi, penyedia jasa pemandu, Travel agent yang menjual wisata petualangan serta stakeholder terkait lainnya," ujar Mudiasa saat dikonfirmasi terkait isu pelarangan pendakian bagi wisatawan, Jumat (2/6/2023).

Menurut Mudiada, minat wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik untuk berwisata alam diperkirakan akan semakin meningkat kedepannya dan salah satu wisata alam yang cukup digemari yaitu pendakian Gunung.

Oleh karena itu, apa yang telah dilakukan di masing-masing  jalur pendakian gunung agung dan juga para pemandu wisata pendakian Gunung Agung yang tergabung dalam sebuah Forum Komunikasi Pemandu Wisata Gunung Agung agar bisa diakomodir karena turut memberikan dampak peningkatan terhadap kunjungan wisatawan. 

"APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia), Asosiasi yang mewadahi para pemandu wisata Gunung berharap agar anggotanya masih bisa melaksanakan kegiatan kepemanduan gunung untuk kedepannya, melihat minat wisatawan terhadap wisata alam yang semakin tinggi," imbuhnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami