search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sampah Akan Diusulkan Jadi Topik Debat Pilwali Denpasar
Jumat, 14 Juni 2024, 09:33 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sampah Akan Diusulkan Jadi Topik Debat Pilwali Denpasar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni menyampaikan ada usulan dari kelompok masyarakat untuk mengangkat tema lokal seperti permasalahan sampah menjadi topik debat dalam Pilwali mendatang. Ia menyebut akan mengkonsultasikan hal itu ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bali.

“Untuk materi debat, mekanisme dan tata cara pelaksanaan debat itu kami mempedomani regulasi yang sudah ditetapkan oleh KPU RI, namun kami akan konsulkan nanti lebih lanjut apakah dimungkinkan bagi kota dengan kondisi tertentu untuk menambahkan tema-tema sesuai dengan aspirasi masyarakat,” terang Sekar ketika diwawancarai Beritabali disela kegiatan bimtek Kepada PPK dan PPS se-Kota Denpasar di Sanur, pada Rabu (12/6/24). 

Diketahui sebelumnya Ketua organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) kota Denpasar, Teguh Alfaidzin menyampaikan usulan agar masalah sampah jadi perhatian serius dan jadi topik debat untuk Pilwali 2024. 

Hal itu Teguh sampaikan dalam sambutan pelantikan Pengurus Cabang PMII Denpasar yang dihadiri Ketua KPU Denpasar dan Ketua KPU Bali pada hari Sabtu (8/6/24). 

Dilanjutkan Sekar, KPU Denpasar telah mendengar banyak masukan untuk berbagai topik debat salah satunya sampah. Ia menyebut akan menyampaikan dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada KPU RI apakah itu memungkinkan diadakan dalam mekanisme debat Pilwali.

“Aspirasi kelompok-kelompok masyarakat seperti PMII terkait dengan sampah, tema-tema lokal itu akan kami konsulkan jika memungkinkan sebagai materi debat, tentu kami akan konsultasikan hal itu ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bali, “ imbuhnya.

Mendengar hal tersebut, Kordinator Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bali Darurat Sampah, I Gusti Agung Arya Dhanyananda mengapresiasi langkah dari Ketua KPU Denpasar. Ia menguatkan bahwa pemilihan topik debat yang sesuai dengan permasalahan daerah akan menjadi ruang pencerdasan masyarakat kota Denpasar dalam memilih calon Walikota nantinya.

“Tentu kita apresiasi ini, memang sepatutnya calon pemimpin kota Denpasar harus diuji kepekaannya dalam menghadapi permasalahan di Kota Denpasar, apalagi isu sampah yang sudah kami nyatakan dalam kategori darurat,“ terangnya.

Diketahui Aliansi Bali Darurat Sampah ini terdiri dari 9 ketua organisasi, diantaranya Ketua PC KMHDI Denpasar, Ketua PC PMII Denpasar, Ketua Umum HMI Singaraja, Ketua PC KMHDI Buleleng, Ketua ST Tunas Muda Cemagi, Ketua PC KMHDI Badung, Ketua PERADAH Tabanan, Ketua PC KMHDI Karangasem, dan Ketua GADA Bali.

Editor: Robby

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami