search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Patroli Siber di Medsos Gencar Jelang Pilkada Badung
Rabu, 18 September 2024, 22:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Patroli Siber di Medsos Gencar Jelang Pilkada Badung.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) Polres Badung melaksanakan patroli siber menjelang Pilkada serentak di wilayah Badung, pada 27 November mendatang. 

Patroli siber ini akan menyasar berbagai platform media sosial untuk mencegah kejahatan digital yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. 

Pelaksanaan Patroli Siber ini dipimpin oleh Kanit Tipidkor Sat Reskrim Polres Badung, Iptu I Gede Adi Saputra Jaya. Diketahui, satuan Tipidkor tersebut bekerja sama dengan Humas Polres Badung. 

Menurut Kasi Humas Polres Badung Ipda I Putu Sukarma selaku Kasatgas Humas dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024, fokus utama pengawasan adalah mengidentifikasi konten-konten berbahaya. Antara lain, hoaks, provokasi, dan ujaran kebencian. 

"Jadi, Tim Siber memantau berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga YouTube dan TikTok," ujar Ipda Sukarma.  

Ia berharap, dengan adanya intensitas patroli siber yang terus ditingkatkan, potensi kejahatan siber dapat ditekan. Sehingga dapat menciptakan suasana keamanan dan ketertiban selama Pilkada di Kabupaten Badung tetap terjaga. 

Dikatakan Ipda Sukarma, Subsatgas Siber sangat penting dalam menjaga kelancaran proses demokrasi di era digital. Pihak kepolisian mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial, tidak mudah terprovokasi. 

"Selalu memverifikasi setiap informasi yang diterima sebelum menyebarkannya," pintanya. 

Menurutnya, Operasi Mantap Agung 2024 ini selain fokus pada pencegahan kejahatan siber, Polres Badung melalui Satgas Humas juga berperan aktif dalam mengajak masyarakat untuk terlibat dalam menciptakan suasana yang kondusif di media sosial.

Dikatakanya lebih lanjut, Subsatgas Siber dan Satgas Humas diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga proses demokrasi di ranah digital, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada. 

"Semoga ajang demokrasi di Kabupaten Badung dapat berlangsung dengan aman, tertib dan damai," tandasnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/spy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami