search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Kutuk Ledakan Pager Massal di Lebanon: Picu Perang Besar Timteng
Kamis, 19 September 2024, 10:37 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rusia Kutuk Ledakan Pager Massal di Lebanon: Picu Perang Besar Timteng

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pemerintah Rusia mengutuk serangan mematikan yang mengakibatkan ratusan pager kelompok militan Hizbullah meledak secara serentak di perbatasan Lebanon pada Selasa (17/) sore waktu setempat.

Rusia menyebut ledakan tersebut bisa memicu ketegangan yang semakin parah di wilayah yang memang sudah "panas" antara Israel dengan Lebanon.

"Apa pun yang terjadi, apa pun itu, pasti mengarah pada peningkatan ketegangan," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

"Wilayah itu sendiri berada dalam situasi yang eksplosif, dan setiap insiden seperti ini berpotensi menjadi pemicu," imbuhnya, dikutip AFP.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga mengecam serangan yang menewaskan 11 orang dan melukai lebih dari 2.500 orang tersebut.

"Kami mengutuk keras serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Lebanon dan warganya," kata juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova.

"Tampaknya mereka yang menggunakan serangan berteknologi tinggi ini sengaja berusaha memicu konfrontasi bersenjata, untuk memprovokasi perang besar di Timur Tengah," ujarnya.

Zakharova juga mengatakan tindakan yang tidak bertanggung jawab itu dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat berbahaya. Dia menyebut insiden itu memicu gelombang eskalasi baru.

Ribuan pager meledak di sejumlah wilayah di Lebanon. Imbas insiden ini, sembilan orang tewas dan 2.800 orang mengalami luka-luka.

Sejumlah pihak termasuk milisi di Lebanon selatan, Hizbullah, menuding Israel sebagai dalang peledakan pager di penjuru negara tersebut.

Israel dilaporkan sengaja menanam alat peledak di pager buatan Taiwan yang diimpor ke Lebanon untuk Hizbullah.

Israel hingga kini belum mengeluarkan pernyataan soal ledakan tersebut.

Ledakan pager di Lebanon juga terjadi usai Israel memperluas tujuan perang di perbatasan dua negara itu. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami