search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bawaslu Gianyar Endus ASN Nekat Ikut Acara Politik
Kamis, 12 Oktober 2023, 14:42 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bawaslu Gianyar Endus ASN Nekat Ikut Acara Politik.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Imbauan Bawaslu terkait netralitas ASN rupanya tidak digubris oleh ASN itu sendiri. ASN justru tepergok ikut acara kebulatan tekad mendukung calon menjelang Pemilu 2024. Padahal, dalam aturan, telah mengatur jelas larangan ASN ikut berpolitik praktis.

Belakangan, memang banyak calon masuk ke banjar-banjar di Gianyar untuk melakukan kebulatan tekad mendukung calon DPRD Kabupaten, Provinsi hingga DPR RI. Rupanya, ASN ikut dalam acara politik.

Hal itu diakui oleh Ketua Bawaslu Gianyar I Wayan Hartawan. Dirinya membenarkan bahwa Bawaslu sedang melakukan penelusuran ASN yang ikut acara kebulatan tekad salah satu partai politik.

“Kalau benar itu ada, ya melanggar, apakah itu ikut kegiatan parpol atau gimana. Agar tidak menjadi contoh bagi ASN lainnya,” tegasnya, Kamis (12/10/2023).

Namun, pihaknya harus melihat fakta yang terjadi di lapangan secara utuh yang diperkuat oleh saksi-saksi.

“Kami harus melihat fakta yang terjadi di lapangan tidak bisa serta merta menyatakan melanggar kalau tidak dapat melihat faktanya secara utuh,” ungkapnya.

Pihaknya tetap mengimbau ASN tetap netral dalam hajatan pemilu 2024. “Kami mengingatkan ASN untuk netral dalam hajatan pemilu serentak tahun 2024 dengan cara tidak melaksanakan kegiatan atau ajakan yang mengarah kepada dukungan ke salah satu peserta pemilu,” ujarnya. 

Apabila benar ASN itu mendukung calon tertentu, siap-siap menerima sanksi. “ASN yang terbukti melanggar sanksi terberat adalah pemecatan sebagai ASN,” jelas dia.

Bahkan, sebelumnya, Bawaslu juga telah audensi ke PJ bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa terkait netralitas ASN. Pada kesempatan itu, PJ bupati sepakat dengan netralitas ASN harga mati.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami