search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
China Klaim Akhiri Latihan Militer Selat Taiwan
Rabu, 10 Agustus 2022, 18:21 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/China Klaim Akhiri Latihan Militer Selat Taiwan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Militer China mengakhiri latihan perang besar-besarannya di Selat Taiwan. Ini setelah Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menyebut telah "menyelesaikan tugas" di sekitar Taiwan.

Pernyataan singkat dibuat Komando Teater Timur PLA, Rabu (10/8/2022). Tentara mengatakan serangkaian operasi militer gabungannya di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan telah "berhasil menyelesaikan berbagai tugas secara efektif menguji kemampuan tempur terpadu pasukan".

Meski demikian, pasukan akan rutin berpatroli di wilayah itu. "Pasukan akan mengawasi perubahan situasi di Selat Taiwan ... dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan keutuhan wilayah," kata PLA.

China diketahui telah melakukan latihan perang sejak Kamis pekan lalu. Latihan itu mengerahkan kapal induk, kapal perang, jet tempur dan disertai tembakan rudal.

Taiwan sendiri mengkritik latihan tersebut. Namun, belum ada reaksi terbaru dari pemerintah Presiden Tsai Ing Wen soal perkembangan terbaru ini.

Sementara itu, sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa kapal angkatan laut China masih terlihat aktif di lepas pantai timur dan barat Taiwan. Pada Rabu sore ini, aktivitas angkatan laut China di dekat garis tengah, penyangga tidak resmi di Selat Taiwan, berlanjut, dan jet tempur China juga terus terbang dekat dengan garis tersebut.

"Mereka seperti lalat," kata orang itu dikutip media Inggris tersebut.

Media China, CCTV, juga masih memuat video yang menunjukkan jet tempur China mengisi bahan bakar di udara, serta kapal angkatan laut di sekitar Taiwan. "Komando Teater Timur mengatakan latihan difokuskan pada blokade dan pasokan logistik," menurut CCTV.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami