search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cina: Putin Sebut Siap Perundingan Damai dengan Ukraina
Rabu, 22 Maret 2023, 07:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Cina: Putin Sebut Siap Perundingan Damai dengan Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Cina mengklaim Presiden Vladimir Putin menyatakan kesiapan Rusia untuk melakukan perundingan damai dengan Ukraina. Menurut Cina, Putin menyampaikan kesiapan itu saat bertemu Presiden Xi Jinping.

Media pemerintah Cina, Xinhua, melaporkan bahwa dalam pertemuan itu, Putin menegaskan Rusia sudah mempelajari usulan penyelesaian konflik yang disodorkan Negeri Tirai Bambu.

"Presiden Putin mengatakan Rusia telah mempelajari usulan posisi Cina dengan hati-hati mengenai penyelesaian politik masalah Ukraina dan terbuka untuk pembicaraan damai," demikian kutipan pemberitaan Xinhua.

Berdasarkan laporan Xinhua, Rusia juga disebut menyambut baik jika Cina "memainkan peran konstruktif" dalam pembicaraan damai antara kedua negara itu.

Dalam pertemuan itu, Xi memang menggarisbawahi kesediaan China untuk berperan dalam menemukan solusi politik terkait perang Rusia di Ukraina.

"Cina akan terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan penyelesaian politik masalah Ukraina," kata Xi, seperti dikutip Xinhua.

Pada momen itu, Xi juga mengatakan upaya perdamaian terkait perang di Ukraina tengah dibangun.

Menurutnya, sebagian besar negara mendukung agar Rusia-Ukraina meredakan ketegangan dan melakukan pembicaraan damai. Xi menegaskan negara-negara lainnya juga menentang provokasi.

Dalam pertemuan perdana dua pemimpin negara itu, Xi juga memamerkan bahwa Cina merilis dokumen soal posisi mereka dalam perang Rusia-Ukraina.

Dokumen itu berisi anjuran penyelesaian politik atas krisis di Ukraina. Mereka juga menolak mentalitas perang dingin sekaligus sanksi sepihak terkait konflik tersebut.

Putin sendiri mengapresiasi posisi Cina dalam konflik di Eropa timur itu. Ia juga menghargai upaya Cina yang ingin mencari solusi atas perang negaranya dan Ukraina.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami