search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Desa Siangan Gianyar Punya TPS3R, Warga Diedukasi Hidup Hanya Sementara
Selasa, 27 Desember 2022, 14:47 WITA Follow
image

beritabali/ist/Desa Siangan Gianyar Punya TPS3R, Warga Diedukasi Hidup Hanya Sementara.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Desa Siangan, Kecamatan Gianyar saat ini sudah mengoperasikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS3R) yang berlokasi Banjar Teruna pada 15 Desember lalu. Sampah kini dipilah-pilah di rumah tangga. Kemudian pada hari tertentu diambil oleh petugas sampah sesuai jenis sampah.

Perbekel Desa Siangan, I Ketut  Berata, menyatakan awalnya meminta masyarakat memilah sampah memang berat. “Awalnya banyak pertentangan karena bukan jadi kebiasan masyarakat,” ujarnya.

Dia memberikan edukasi bahwa kita hidup hanya sementara. Sehingga perlu merawat alam untuk generasi mendatang. 

“Mungkin anak cucu kita ke depan. Karena siklus ini terus berputar. Ketika kita lahir kembali, kita layak hidup di bumi,” ujarnya.

Diakui, pengetahuan dan informasi di masyarakat minim. “Seiring berjalan, dulu banyak bak sampah di pinggir jalan kita bongkar bak sampah. Itu merubah pola dari buang sampah di bak, maka tumbuh kesadaran masyarakat memilah sampah,” ujarnya.

Selain itu, petugas sampah sudah menjemput sesuai jadwal. Di TPS3R, kompos sedang berproses selama 3-4 bulan. 

“Ini sedang berjalan untuk kompos. Kalau plastik kami kerjasama dengan bank sampah Gianyar Bagus. Dikumpulkan berbentuk tabungan, sampah mendatangkan uang,” ujarnya.

Dikatakan, upaya itu sudah berjalan 15 hari. “Kalau dibandingkan sebelumnya betul-betul kumuh. Sekarang seiring waktu, dukungan masyarakat, kelihatan bersih, tidak ada sampah liar di jalan raya. Merawat lingkungan amat penting,” ujarnya.

Lalu, setelah sampah dipilah di rumah tangga, ketika ada bel jemput sampah sesuai jadwal. Hari Sabtu yang dikeluarkan residu berupa softex dan sejenisnya. Khusus plastik hari Minggu. 

“Dan Kompos, Senin dan Rabu,” terang dia.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami