search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jadwal Puncak Pelebon Permaisuri Terakhir Raja Gianyar, Tingkatan Madyaning Utama
Senin, 17 Juli 2023, 13:36 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jadwal Puncak Pelebon Permaisuri Terakhir Raja Gianyar, Tingkatan Madyaning Utama.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Permaisuri terakhir Raja Gianyar, bernama Ida Anak Agung Istri Sri Mas, meninggal dunia pekan lalu. Upacara Pelebon akan berlangsung pada Senin, 24 Juli 2023 dengan tingkatan upacara Madyaning Utama yang disokong oleh 16 Puri yang merupakan trah Ida Dewa Agung Manggis.

Panitia upacara, Anak Agung Alit Asmara menyatakan rentetan upacara berlangsung nyiraman layon pada Senin (17/7/2023).

"Rangkaian upacara ini sesuai petunjuk Ida Pedanda Yajamana Karya. Saat ini prosesi Nyiraman (memandikan jenazah) dilanjutkan Munggah tumpang salu (ditidurkan di tempat jenazah)," ungkap dia.

Setelah nyiraman dilakukan puncak upacara pada Senin. Diawali melaspas pekoleman atau tempat peristirahatan. Kemudian masyarakat akan mengantarkan jenazah istri raja ke setra. "Kemudian ngayut (melepas abu jenazah) ke pantai Masceti," jelasnya.

Dikatakan, hingga kini persiapan upacara telah mencapai 90 persen. "Kami harap saat puncak acara bisa terlaksana tanpa hambatan," tutup panglingsir Puri Bitra itu. 

Ida Anak Agung Istri Mas berpulang pada Kamis (13/7/2023) pukul 04.00 di RS Sanjiwani Gianyar. Beliau adalah ibunda dari mantan bupati Gianyar, Anak Agung Gde Bharata (kini Ida Begawan) dan wakil bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami