search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ketimbang Tolak Timnas Israel, Ketum PBNU Pilih Naikkan Posisi RI
Sabtu, 25 Maret 2023, 15:28 WITA Follow
image

bbn/cnnindonesia.com/Ketimbang Tolak Timnas Israel, Ketum PBNU Pilih Naikkan Posisi RI.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ketimbang ikut menolak kedatangan Tim Nasional Israel U-20, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya memilih meningkatkan posisi Indonesia di mata organisasi sepakbola dunia (FIFA).

"Kita kembangkan positioning Indonesia melalui FIFA ini sehingga kita betul-betul mempunyai posisi moral yang meningkat untuk terus mengartikulasikan arah dari solusi Palestina," ujar Yahya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3).

Ia lantas mempertanyakan sejumlah pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel dalam gelaran Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung Mei hingga Juni mendatang. Yahya juga menegaskan kehadiran mereka tak merugikan Palestina.

"Kalau kita cuma menolak Israel, 'Jangan datang!', habis itu tidur, apa gunanya buat Palestina? Enggak ada gunanya juga," kata Yahya, yang beberapa kali berkunjung ke Israel dan komunitas Yahudi dalam misi damai itu.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 menjadi terus menjadi sorotan. Beberapa pihak mengecam dan merasa keberatan karena aksi pendudukan Israel di Palestina.

Sebagian lagi menganggap Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Beberapa organisasi masyarakat Islam telah menggelar aksi unjuk rasa menolak kehadiran Timnas Israel. Sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Bali I Wayan Kostar dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyatakan penolakan.

Di kesempatan terpisah, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun padahal menegaskan kepesertaan suatu negara di U-20 tak ada kaitannya dengan konflik politik. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami