search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KMP Agung Samudra 18 Kandas di Selat Bali, 42 Penumpang dan 16 ABK Dievakuasi
Minggu, 11 Februari 2024, 20:34 WITA Follow
image

beritabali/ist/KMP Agung Samudra 18 Kandas di Selat Bali, 42 Penumpang dan 16 ABK Dievakuasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Tim SAR gabungan telah mengevakuasi penumpang KMP Agung Samudra XVIII yang mengalami kecelakaan di Perairan Selat Bali pada hari Minggu (11/2/2024). 

Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk membawa 42 penumpang dan 16 ABK (Anak Buah Kapal).

KMP Agung Samudra XVIII lepas sandar sekitar pukul 11.50 WITA, namun hanya dalam waktu sekitar satu jam kemudian, kapal terseret arus dan akhirnya kandas di sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk. 

"Peristiwa ini terjadi sekitar 1 mil dari Pelabuhan Gilimanuk ke arah barat, di sebelah utara," jelas Dewa Hendri, Koordinator Pos SAR Jembrana.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi pada pukul 13.55 WITA dari anggota Pos TNI AL Gilimanuk. Sebanyak 5 personel dari Pos SAR Jembrana segera bergerak menuju Gilimanuk dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, proses evakuasi juga melibatkan 2 unit speed boat dan 2 unit RIB.

Pada pukul 16.45 WITA, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi semua penumpang dengan selamat. Sebanyak 38 orang dibawa ke Ruang Tunggu ASDP Gilimanuk, sementara 4 penumpang lainnya beserta ABK masih berada di dalam kapal. 

"Kapal masih dalam keadaan terdampar dan akan menunggu air pasang, rencananya malam ini akan ditarik dengan bantuan tug boat," ungkapnya.

Proses evakuasi melibatkan berbagai pihak, termasuk unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Pos SAR Jembrana), TNI AL Pos Gilimanuk, Polairud Polres Jembrana, Polsek Gilimanuk, KP3 Gilimanuk, Brimob Kompi C Gilimanuk, KSOP Gilimanuk, BPBD Kabupaten Jembrana, KPLP, dan Potensi SAR 115, serta agen kapal.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami