search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Korea Siap Bangun LRT di Bali, Segera Studi Kelayakan
Kamis, 1 Juni 2023, 10:35 WITA Follow
image

bbn/dok LRT Jakarta/Korea Siap Bangun LRT di Bali, Segera Studi Kelayakan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pembangunan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Bali sedikit demi sedikit memperoleh kejelasan dimana Korea Selatan menyatakan kesiapannya.

Tidak hanya di Bali, Negeri Ginseng itu juga melirik proyek MRT Jakarta Fase 4 dari Fatmawati menuju Taman Mini.

Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Hee-Ryong Won. Keduanya membahas perkembangan kerja sama kedua negara, salah satunya menyangkut kedua proyek tersebut.

Pertemuan berlangsung pada Selasa (30/5), di Conrad Hotel, Seoul, Korsel usai kedua menteri menjadi pembicara dalam pertemuan ICAO Global Implementation Support Symposium (GISS) 2023 di tempat yang sama.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya menyampaikan perkembangan sejumlah proyek perkeretaapian yang dikerjasamakan dengan Korsel. Pertama terkait rencana Studi Kelayakan (Feasibility Study) yang akan dilakukan untuk proyek pembangunan LRT di Bali.

Kemudian perkembangan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 4, yang telah ditandatangani MoU nya pada tahun 2022 lalu.

"Dimana pihak Korsel melalui K-Consortium telah mengajukan pra studi kelayakan (pre Feasibility Study) yang saat ini tengah di-review oleh pihak Pemprov DKI Jakarta," ungkap Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Sebagai catatan, proyek MRT Fase 4 akan menghubungkan Fatmawati-Taman Mini sepanjang 11 km. Dalam proyek ini, akan dibangun 10 stasiun fully underground. Total nilai investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 21 triliun.

Sementara itu untuk proyek LRT di Bali membutuhkan investasi sebesar Rp 10 triliun. Proyek LRT di Bali akan menghubungkan Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju objek wisata utama di Kabupaten Badung. Selanjutnya rute akan dikembangkan menuju seluruh wilayah di Bali. (sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami