Kesehatan

Enam Makanan Kaya Kolin, Bagus Untuk Melindungi Otak

 Kamis, 29 Juni 2023, 00:08 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Enam Makanan Kaya Kolin, Bagus Untuk Melindungi Otak

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Meskipun tidak termasuk kategori vitamin atau mineral, kolin merupakan mikronutrien yang penting untuk kesehatan tubuh. Kolin berperan dalam berbagai hal, mulai dari pembentukan sel, mengatur saluran pencernaan, mengatur irama jantung, bahkan melindungi otak manusia.

Asupan kolin yang cukup juga disebut-sebut bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti alzheimer dan demensia. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan kemampuan kolin untuk menjaga otak manusia.

Meski demikian, kolin tidak sama dengan vitamin atau mineral lain yang bisa ditemukan dalam bentuk obat-obatan. Sangat jarang kolin buatan yang bisa dikonsumsi manusia.

Tapi jangan khawatir, kolin bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Anda cukup mengonsumsinya setiap hari, maka kebutuhan kolin harian bisa terpenuhi.

Agar bisa melindungi otak Anda, berikut beberapa jenis makanannya:

1. Telur

Makanan paling mudah, murah, dan bisa diolah menjadi apa saja ini mengandung banyak kolin. Melansir Real Simple bahkan tidak hanya kolin, ada banyak mikronutrien lain yang dibutuhkan tubuh hanya dalam satu butir telur.

Anda bisa menjadikan kolin sebagai sarapan enak atau bahkan teman makan nasi di siang hari.

2. Udang

Udang bisa dimasak menjadi makanan enak. Bisa digoreng, ditumis, atau dibuat campuran sup pun tak masalah. Selain enak, udang juga mengandung kolin yang cukup banyak. Maka tak heran jika banyak bayi di mas mpasi akan diberi makanan dicampur udang.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending