News

Lima Negara dengan Kuota Jemaah Haji Terbanyak Tahun Ini

 Jumat, 02 Juni 2023, 06:03 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lima Negara dengan Kuota Jemaah Haji Terbanyak Tahun Ini

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Ribuan umat Muslim di dunia ramai-ramai mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji pada akhir Juni. Jemaah dari Indonesia bahkan sudah ada yang diberangkatkan ke Saudi mulai pekan ini.

Setiap tahun, ribuan orang melaksanakan ibadah haji di Madinah dan Mekkah. Menurut data Saudi, sekitar 900 ribu orang melakukan rukun Islam yang kelima itu pada 2022.

Arabian Business melaporkan, tahun ini sekitar dua juta jemaah melakukan ibadah haji di Saudi. Dari jumlah ini, 1,8 juta orang merupakan jemaah asing, sementara 200 ribu sisanya warga lokal Saudi.

Negara mana yang memiliki kuota jemaah haji terbanyak?

1. Nigeria

Direktur informasi dan publikasi Komisi Haji Nasional Nigeria, Mousa Ubandawaki, menyatakan pemerintah dan Saudi sepakat Nigeria mengirim 95.000 ribu jemaah haji untuk tahun ini.

"Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah memberikan Nigeria alokasi 95.000 slot untuk haji ke tanah suci tahun 2023," ujar Ubandawaki seperti dikutip Leadership News.

2. Bangladesh

Berdasarkan kesepakatan Bangladesh dan Arab Saudi, negara ini mengirim 127.198 jemaah. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 60 ribu jemaah.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending