search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tak Cuma Bantu Sesama, Ini 3 Manfaat Donor Darah
Selasa, 6 September 2022, 18:37 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Tak Cuma Bantu Sesama, Ini 3 Manfaat Donor Darah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Banyak orang melakukan donor darah untuk memberikan kepada yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.

Di balik aktivitas tersebut, donor darah sebenarnya juga punya banyak manfaat bagi para pendonornya. Hal itu yang membuat PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) menggalang aksi sosial donor darah dilingkungan KSP yang dilaksanakan di lobi Utama Wisma Krakatau KSP, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon.

"Selain tentunya juga untuk kesehatan. Kegiatan ini juga untuk membantu bank darah untuk PMI Cilegon. Semoga ini bermanfaat khususnya untuk masyarakat Kota Cilegon yang membutuhkan darah dan ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan instansi kami sekaligus bagian dari program corsec PT. KSP," kata Ahmad Iqbal dalam keterangan tertulis yang disampaikan, Selasa (6/9/2022).

Dalam kegiatan tersebut berhasil dikumpulkan 40 kantong darah (3 kantong golongan darah A, 17 golongan B, 16 golongan O, 4 golongan AB).

Lantas, apa saja manfaat donor darah rutin? Berikut ini manfaat donor darah rutin bagi tubuh.

Dapat Mendeteksi Penyakit Serius

Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Untuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah diatas, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat.(sumber: suara.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami