search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
TMMD 100 Membuka Akses Perekonomian Warga Pangkung Paruk
Sabtu, 9 September 2017, 09:54 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Beritabali.com, Buleleng. Desa Pangkung Paruk Kecamatan Seririt menjadi sasaran pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 100 untuk membuka akses jalan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut. 
 
Selama ini, khususnya warga di Dusun Yeh Selem, Desa Pangkung Paruk mengalami kesulitan untuk bisa membawa hasil perkebunan mereka ke luar wilayah, karena kondisi jalan yang rusak. 
 
[pilihan-redaksi]
Dandim 1609/Buleleng, Letkol. Inf. Selamet Winarto, Jumat (8/9) mengatakan, dipilihnya Dusun Yeh Selem Desa Pangkung Paruk sebegai lokasi TMMD setelah melewati proses survei bersama pemerintah, termasuk juga beberapa informasi dari tokoh masyarakat dan aparat Desa, terkait kondisi wilayah yang akan disasar dalam TMMD, dan juga kesiapan dari desa itu. Pengerjaannya dilakukan oleh Anggota TNI dibantu warga setempat.
 
"Kalau hujan, warga kesulitan melintasi jalan itu karena rusak dan mereka sulit membawa hasil panen. Kalau jalan ini bagus, mereka bisa membawa hasil panen ke luar desa mereka. Itu dilihat dari sisi ekonomi, yang sekaligus juga secara langsung bisa membantu warga," jelas Dandim Winarto.
 
Dandim Selamet Winarto mengatakan, kegiatan TMMD 100 di Pangkung Paruk telah diawali dengan Pra TMMD. Nantinya, kegiatan TMMD ini akan berlangsung selama satu bulan penuh. 
 
"Itu jalannya memang buntu, makanya aementara diperbaiki saja dulu jalannya, kedepan kalau ada jalan tembusan akan dibuatkan. Dan dalam waktu sebulan itu, kami targetkan kegiatannya bisa selesai tepat waktu. Selain itu, kami akan bangun MCK disana, karena warga disana masih banyak belum punya fasilitas MCK," paparnya.
 
Selain kegiatan fisik, dalam TMMD ke-100 di Desa Pangkung Paruk juga dilakukan kegiatan non fisik, dimana warga setempat akan diberikan pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan. 
 
"Jadi program TMMD ini tidak saja untuk fisik, sasaran juga ke non fisik. Disana, kami memberikan ceramah dan penyuluhan bahaya narkoba, termasuk kami akan memberikan pelatihan singkat seperti tata hias dan pelayanan kesehatan," ujar Dandim Buleleng.
 
TNI dalam TMMD di Pangkung Paruk memperbaiki infrastruktur jalan sepanjang 2329 meter dan lebar 2 meter diperbaiki dengan rabat beton ketebalan 10 centimeter, membuat senderan dan gorong-gorong di sejumlah titik dan juga membangun sarana MCK dengan membangun tujuh unit jamban umum. [mds/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami