search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Detik-Detik Dramatis Pemakaman Jenazah Berat 300 Kg
Kamis, 15 Juli 2021, 10:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Detik-Detik Dramatis Pemakaman Jenazah Berat 300 Kg

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Video yang menunjukkan detik-detik proses pemakaman jenazah dengan bobot 300 kilogram menjadi viral. Peristiwa ini terjadi di TPU Kampung Kapuk, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Selasa (13/7/2021).

Proses pemakaman menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Instagram @merekamjakarta pada Rabu (14/7/2021). Hingga berita ini dibuat, video tersebut telah disaksikan lebih dari 13 ribu kali.

Pemakaman jenazah berbobot 300 kilogram itu menerjunkan anggota suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar). Hal ini disebabkan lantaran warga setempat tidak ada yang sanggup menggotong jenazah.

"Warga tidak bisa mengangkat jenazah karena jenazah beratnya 300 kilogram, maka meminta bantuan petugas pemadam kebakaran," kata Kepala Seksi Operasi Suku Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.

Proses pemakaman itu sendiri berlangsung dramatis dan penuh perjuangan. Sebelum dikuburkan, petugas Damkar membuat peti khusus untuk jenazah tersebut.

Dalam video, terlihat peti digotong bersama dengan warga ke tempat pemakaman. Setelah sampai, peti mati dimasukkan ke lubang kuburan dengan menggunakan alat katrol.

Peti berisi jenazah itu kemudian diturunkan secara perlahan-lahan. Sejumlah warga juga ikut membantu dan saling meneriakkan instruksi agar peti mati bisa masuk dengan sempurna ke lubang kuburan.

Setidaknya 8 personel Damkar diterjunkan untuk membantu proses pemakaman. Penguburan jenazah akhirnya bisa selesai di siang hari, sekitar pukul 13.30 WIB.

Proses pemakaman yang dramatis itu sendiri dihadiri banyak warga yang berkerumun. Mereka ikut menonton detik-detik penguburan jenazah dengan berat 300 kilogram itu.

Gatot sendiri memastikan jika jenazah tidak terinfeksi virus corona. Hal itu membuat proses pemakaman bisa dilakukan secara normal dan dihadiri warga.

"Jenazah non Covid-19. Untuk proses pemandian hingga pemakaman, seperti layaknya jenazah normal," ujar Gatot.

Proses pemakaman jenazah berbobot 300 kilogram itu mendapatkan perhatian dari masyarakat. Mereka menuliskan beragam komentar di postingan tersebut, mulai dari mendoakan jenazah hingga memuji aksi Damkar.

"Innalillahi. Serius beratnya sekian? Semoga ahlul jannah," komen warganet.

"Luar biasa DAMKAR serba bisa menolong masyarakat," puji warganet.

"Terimakasih orang baik," tambah yang lain.

"#respectdamkar," tulis warganet.

"Kalau boleh tahu meninggal karna apa, meninggal karena sakit atau karena apa?," tanya warganet.

"Semoga ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisiNya. Aamin," doa lainnya.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami