search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ciri-Ciri Batu Ginjal Yang Perlu Diwaspadai
Senin, 9 Mei 2022, 14:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Ciri-Ciri Batu Ginjal Yang Perlu Diwaspadai

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Batu ginjal adalah massa padat atau kristal berbentuk tidak beraturan yang bisa sekecil sebutir pasir hingga seukuran bola golf. Tergantung pada ukuran batu ginjal Anda, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memilikinya. Bahkan batu ginjal kecil dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat keluar dari tubuh melalui saluran kemih. Lantas, apa ciri-ciri batu ginjal?

Diketahui, batu ginjal yang besar bisa terperangkap di ureter (tabung yang mengalirkan urine dari ginjal ke kandung kemih). Ketika ini terjadi, batu dapat menyebabkan pendarahan dan mencegah urin keluar dari tubuh Anda. Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk batu ginjal yang tidak dapat keluar dengan sendirinya.

Melansir dari situs Cleveland Clinik, simak berikut ini ciri-ciri batu ginjal yang penting untuk diketahui.

Berikut Ciri-ciri Batu Ginjal

Anda dapat memiliki batu di ginjal selama bertahun-tahun dan bahkan mungkin tidak mengetahuinya bahwa Anda memiliki batu ginjal. Tapi, ketika mulai bergerak atau menjadi sangat besar, Anda mungkin akan mulai mengelami beberapa gejala. Adapun gejala atau ciri-ciri batu ginjal antara lain:

  • Merasa sakit di punggung bagian bawah atau samping tubuh Anda. Rasa sakit ini bisa dimulai sebagai sakit tumpul yang mungkin datang dan pergi. Ini juga bisa menjadi parah dan mengakibatkan perjalanan ke ruang gawat darurat.
  • Mengalami mual dan/atau muntah dengan rasa sakit.
  • Melihat darah dalam urine Anda.
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil.
  • Karena tidak bisa buang air kecil.
  • Merasa ingin buang air kecil lebih sering .
  • Demam atau kedinginan.
  • Memiliki urine yang berbau tidak sedap atau terlihat keruh.

Batu ginjal yang lebih kecil mungkin tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya. Biasanya "Batu diam" ini keluar dari tubuh Anda melalui urine.

Ciri-ciri Batu ginjal pada anak

Gejala atau ciri yang paling umum dari batu ginjal adalah darah dalam urin atau rasa sakit. Jumlah rasa sakit yang dialami anak Anda dan di mana sakitnya tergantung pada di mana batu itu berada dan ukurannya. Adapun ciri lainnya dari batu ginjal pada anak-anak yakni sebagai berikut:

  • Nyeri kolik yang parah 
  • Ketidakmampuan untuk buang air kecil (ketika batu menghalangi saluran kemih)
  • Mual/muntah
  • Air seni keruh, berbau busuk, demam, kedinginan, atau lemas yang mungkin merupakan tanda infeksi serius
  • Darah dalam urine

Penting untuk diketahui bahwa sebagian besar batu ginjal pediatrik tetap berada di ginjal, tetapi sepertiganya dapat bermigrasi dari ginjal dan tersangkut di ureter. Batu yang tertinggal di ginjal, meski seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, bisa menjadi sumber infeksi saluran kemih berulang. Mereka yang bersarang di ureter dapat menyebabkan nyeri kolik yang parah.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri batu ginjal yang penting untuk diketahui. Jika mengalami ciri atau gejala seperti yang disebutkan di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter agar segera mendapat perawatan yang tepat.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami