search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Proses Evakuasi Sam Air Berlanjut, Tim Menuju Lokasi Jatuhnya Pesawat
Minggu, 25 Juni 2023, 19:06 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Proses Evakuasi Sam Air Berlanjut, Tim Menuju Lokasi Jatuhnya Pesawat

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tim SAR Gabungan kembali melakukan operasi evakuasi ke titik lokasi jatuhya pesawat Semuwa Air (SAM Air) di hutan Papua Pegunungan, Minggu (25/6).

Sehari sebelumnya operasi SAR itu ditunda karena terkendala cuaca.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Benny Ady Prabowo mengatakan pada hari ini tim SAR menggunakan Helikopter Carcala milik TNI AU hingga Bukit sebelah Gunung Mabualem Distrik Welarek, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Selanjutnya tim akan berjalan kaki menuju lokasi pesawat.

"Tim telah menuju ke lokasi jatuhnya pesawat di Kabupaten Yalimo pukul 09.54 WIT dengan menggunakan Heli Karacal milik TNI AU," ujar dia dalam keterangan tertulisnya.

Dalam keterangannya, Benny menerangkan tim evakuasi yang on board sebanyak 14 orang. Tim gabungan tersebut, kata dia, telah melakukan persiapan kelengkapan personel guna keamanan dan keselamatan.

"Dan akan melakukan repling di titik jatuhnya pesawat," ujar dia.

Benny menerangkan apabila telah berhasil dievakuasi, maka para korban dari pesawat yang jatuh pada Jumat (23/6) siang lalu itu akan dibawa ke Bandara Elelim Yalimo untuk transit. Selanjutnya para korban akan diterbangkan ke Jayapura untuk proses identifikasi oleh TIM DVI Polda Papua di RS Bhayangkara.

"Kami minta dukungan doa dari seluruh warga masyarakat semoga tim mendapatkan kemudahan dan kelancaran selama melakukan evakuasi para korban," imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, Polda Papua juga telah mengirimkan dua tim SAR Brimob untuk membantu dalam evakuasi para korban.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi menambahkan sekitar pukul 11.40 WIT tim telah mencapai puncak gunung dan selanjutnya mengusahakan akses untuk menjangkau lokasi titik pesawat

"Selanjutnya masih menunggu informasi tim dari lokasi," ujar Henri.

Pesawat Gran Caravan dengan nomor penerbangan PK-SMW milik SAM Air sebelumnya sempat dilaporkan hilang kontak, hingga akhirnya ditemukan jatuh.

Proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dan kru pesawat akan dilakukan oleh tim gabungan yang berjumlah sekitar 10-15 orang.

Pesawat itu mengangkut enam orang, terdiri dari empat orang penumpang, seorang pilot dan co-pilot.

Dalam video yang diterima CNN Indonesia, pesawat jatuh di kawasan perbukitan hutan. Badan pesawat tersebut tampak hancur dan mengeluarkan asap.

Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Elelim pada pukul 10.53 LT menuju airstrip POIK dengan Estimated Time Arrives (ETA) di Airstrip POIK pukul 11.06 LT.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami