search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bawaslu Gianyar Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di TPS 14 Pering
Senin, 19 Februari 2024, 17:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bawaslu Gianyar Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di TPS 14 Pering.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Buntut adanya 2 daftar hadir yang sudah ditandatangani, maka terjadi kisruh pencoblosan di TPS 14 Desa Pering Kecamatan Blahbatuh. Persoalan itu telah ditengahi oleh Bawaslu Gianyar dan Kejaksaan Negeri Gianyar.

Hasil koordinasi pada Senin (19/2/2024) menghasilkan keputusan coblos ulang (Pemungutan Suara Ulang /PSU) khusus di TPS 14 Pering. Coblos ulang akan berlangsung pada Rabu (21/2/2024). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Gianyar Wayan Hartawan.

"Bawaslu telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada petugas KPPS yang bertugas di TPS 14, Desa Pering. Semua sudah dituangkan dalam proses klarifikasi," kata Hartawan.

Sesuai kewenangan Bawaslu untuk memeriksa dan meneliti proses pemungutan suara di TPS, ditemukan adanya 2 warga dari Jakarta yang tidak terdaftar dalam DPT maupun DPTb yang berjumlah 271 orang yang ada di TPS 14 Desa Pering, menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut. 

"Sesuai dengan ketentuan, yang bersangkutan tidak boleh menggunakan hak pilihnya di TPS 14 Desa Pering. Itu yang menjadi dasar Bawaslu kepada KPU untuk melakukan PSU di TPS 14," jelasnya.

PSU di TPS 14 Desa Pering akan dilakukan pada hari Rabu tanggal 21 Februari 2024 untuk pemilihan Capres saja. "Sesuai dari SK yang kami terima dari KPU," ujarnya.

Bawaslu juga sudah memastikan ketersediaan surat suara cadangan untuk PSU yang dimiliki KPU sesuai ketentuan sebanyak 1.000 lembar surat suara. 

"Karena ini PSU kami akan segera koordinasi sekaligus cegah dini kepada KPU, sehingga segala persyaratan logistik saat PSU itu lengkap. Kami pun akan turun melakukan pengawasan," tegasnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami