News

Kasus Meningitis, Distan Karangasem Telusuri Sumber Ternak Babi yang Dipotong

 Kamis, 23 Mei 2024, 17:52 WITA

beritabali/ist/Kasus Meningitis, Distan Karangasem Telusuri Sumber Ternak Babi yang Dipotong.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Menindaklanjuti dugaan kasus meningitis, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem langsung turun ke Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem untuk melacak sumber ternak babi yang dipotong dan diolah warga. 

Kadistan PP Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah dikonfirmasi Kamis (23/5/2024) mengatakan, pihaknya sudah dua kali turun bersama Dinas Kesehatan untuk mencari sample asal ternak Babi yang dipotong dan diolah menjadi lawar saat berlangsungnya upacara pernikahan di Desa Bebandem beberapa waktu lalu. 

"Kita sudah turun, untuk mencari sampel ternak, katanya ternak yang dipotong itu dibeli dari warga di Desa Jungutan, cuma saat di lokasi kita tidak dapat sampel karena kandang ternak sudah kosong, warga tersebut hanya memelihara 1 ekor ternak saja," kata Siki Ngurah. 

Dari hasil pengamatannya, kandang ternak tempat warga memelihara babi terbilang cukup bersih, selain itu warga hanya memelihara satu ekor ternak saja dan babi tersebut juga sudah dipelihara sejak bibit atau masih kecil.

Dengan munculnya dugaan kasus meningitis ini, mantan Kepala Dinas Damkar Karangasem tersebut berharap agar masyarakat tidak takut secara berlebihan untuk mengonsumsi daging babi sepanjang cara pengolahannya benar dan dimasak hingga matang.

"Ini penting harus disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut secara berlebihan. Bagi masyarakat yang akan mengolah daging babi sebaiknya pastikan daging babi harus bersih. Selain itu, saat memasak juga agar dipastikan sampai benar-benar matang dan hindari mengonsumsi daging mentah," tandas Siki Ngurah. 

Diberitakan sebelumnya, ada belasan warga Banjar Dinas Kreteg, Desa Sibetan mengalami keluhan kesehatan dengan gejala mengarah ke Meningitis bahkan 7 diantaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit. 

Dugaan meningitis semakin menguat karena warga yang mengalami keluhan memiliki riwayat yang sama yaitu mengkonsumsi lawar merah terbuat dari darah babi mentah pada saat upacara pernikahan salah satu warga.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending