search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
77 Tukik Dilepas di Pantai Kuta, Jaga Ekosistem Laut
Rabu, 17 Agustus 2022, 13:43 WITA Follow
image

beritabali/ist/77 Tukik Dilepas di Pantai Kuta, Jaga Ekosistem Laut.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Sebagai bentuk kepedulian menjaga ekosistem laut, salah satu hotel di Pantai Kuta, Mercure mengadakan kegiatan pelepasan 77 tukik (anak penyu) sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 pada Selasa (16/8/2022).

[bbadscontent}

Made Pantri Arini selaku Manager Hotel Mercure Kuta menuturkan dari informasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tingkat hidup tukik yang dilepas 100 tidak sampai 1 persen yang hanya mampu bertahan. 

"Untuk itu kami membantu program pelestarian lingkungan dengan membersihkan pantai dan juga membantu konservasi tukik di Pantai Kuta," ujarnya. 

Kendati demikian, dari sekian banyak kegiatan pelesapan tukik, sampai saat ini dinilai cukup menggembirakan karena penyu yang bermigrasi kembali ke Pantai Kuta semakin tahun semakin banyak.

"Itu mengindikasikan Pantai Kuta sudah terjaga ekosistemnya. Karena seperti diketahui penyu tidak mau bertelur di tempat yang kotor. Mereka sangat setia jika bertelur di suatu tempat, tahun berikutnya mereka akan bertelur disana lagi," paparnya. 

Kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT RI ke-77 ini, maka tukik yang dilepas sebanyak 77 sesuai dengan usia HUT RI tahun ini. Kegiatan ini, diakuinya rutin dilaksanakan, namun jumlah tukik yang dilepas kali ini lebih banyak dari biasanya. 

"Kami juga menyerukan kepada masyarakat lokal stop penggunaan plastik sekali pakai dan stop menangkap apalagi mengonsumsi penyu," tandasnya 

Selain itu, pihak hotel juga lebih mengedepankan masalah lingkungan dan sosial masyarakat. Untuk lingkungan, hotel sudah bekerjasama dengan balai konservasi lingkungan hidup dengan membagikan bibit dan juga ikut mendukung konservasi pemeliharaan bibit.

"Kami bekerjasama dengan LPM Desa Adat Kuta. Bibit yang kami bagikan sudah ditanam di beberapa titik di Desa Adat Kuta," tutupnya

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami