search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dikira Bom, Gegana Ledakkan Bekas Kembang Api di Pantai Jerman Kuta
Jumat, 25 September 2015, 15:30 WITA Follow
image

beritabali.com/dewa sabar

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Kuta. Warga Kuta dikejutkan dengan penemuan benda yang dicurigai dan diduga bom. Benda yang terbungkus plastik hitam dengan dilapisi lakban hitam yang diletakkan di bawah pohon ketapang, di Jalan Wanasegara, Pantai Jerman, Kuta, Badung, itu akhirnya diledakkan tim gegana Polda Bali.
 
Benda yang mencurigakan tersebut pertama kali ditemukan oleh Satpam Holiday Inn Resort Kuta yang bernama Hasen Z. Pria asal Madura, Jatim itu menuturkan jika benda yang diduga bom dan menghebohkan warga itu awalnya ia temukan sekitar pukul 08.30 Wita.
 
"Saya temukan saat sedang patroli dan menemukan benda yang terlihat ada kabel dan besi," tuturnya dilokasi, Jumat 25 September 2015.
 
Menurut Hasen, tiga benda mencurigakan di pinggir pagar yang terbuat dari seng di tanah kosong milik pak Antok itu baru dilihatnya hari ini. Atas temuan benda berbahaya ini, ia akhirnya melaporkannya kepada atasannya kemudian di laporkan dan diteruskan ke Polsek Kuta.
 
"Setelah melihat ada 3 buah benda yang mencurigakan ini saya langsung laporkan ke atasan saya dan atasan saya langsung menghubungi Polsek Kuta," ungkapnya.
 
Pasca penemuan ini, petugas kepolisian yang tiba di lokasi, langsung memberi garis polisi dan tidak berselang lama tim Gegana Polda Bali dan Kapolresta Denpasar, Kombes Agung Sudana tiba di lokasi.
 
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tiga buah benda bulat panjang menyerupai baterai yg dililit lakban warna hitam, di mana pada ujungnya terdapat kabel dan kawat dgn panjangnya lebih kurang 10-15 cm itu akhirnya diledakkan tim Gegana.
 
 
Bekas Kembang Api
 
Kapolresta Denpasar ‎‎Kombes Pol Anak Agung Made Sudana‎ menyatakan pihaknya tidak mau mengambil langkah gegabah terkait temuan tersebut. Atas hal itu, sehingga pihaknya menghubungi gegana untuk memastikan benda tersebut bukanlah bom.
 
 
"Itu bukan bom, isinya semacam kembang api air mancur. Sepintas rangkaiannya memang mirip dengan bom, tapi itu bukanlah bom," ucap Sudana dilokasi, Jumat 25 September 2015.
 
Sudana berharap penemuan ini tidak menjadi isu yang diperlebar. Pasalnya, Kuta merupakan obyek pariwisata yang perlu dijaga keamanannya. Pihaknya juga mengaku belum mendalami akan temuan tersebut‎, sebab harus berkoordinasi dengan gegana. Terkait, peledakan yang dilakukan tim Gegana itu, ia mengaku hanya semacam SOP.
 
"Tidak ada daya ledak setelah dipancing ledakan awal. Barang itu semacam bekas kembang api yang berupa gulungan kertas yang sudah tidak bisa diledakan. Namun kami akan tetap menyelidiki siapa pelaku yang melakukan aksi teror ini," tegas Sudana.
 
Sementara, Kanit Reskrim Polsek Kuta AKP Selamet HS saat menyaksikan proses pengamanan dugaan bom tersebut mengaku benda mencurigakan itu kini sudah diamankan pihak Gegana Polda Bali dan dimusnahkan di Pantai Jerman Segara yang jaraknya sekitar 50 meter dari hotel.
 
Saat pemusnahan benda tersebut, dilihat dari bau asap yang dikeluarkan, salah seorang tim gegana memastikan bahwa benda yang diduga ada ‎bahan peledaknya tersebut merupakan sisa mercon.[bbn/dws]

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami