search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Negara Ini Uji Coba Rudal Nuklir, Bisa Capai RI
Selasa, 25 Oktober 2022, 11:10 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Negara Ini Uji Coba Rudal Nuklir, Bisa Capai RI

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

India melakukan uji coba rudal balistik berkemampuan nuklir terbaru pada Jumat, (21/10/2022). Pengujian itu dilaporkan berhasil dilakukan dengan akurasi yang tepat.

Para pejabat pertahanan negara itu mengatakan rudal balistik dengan kemampuan nuklir 'Agni Prime' diluncurkan dari lepas pantai Negara Bagian Odisha pada Jumat pukul 09.45 pagi. Ini adalah pengujian ketiga dari rudal itu.

"Selama penerbangan uji coba, rudal menempuh jarak maksimum dan semua tujuan uji berhasil dipenuhi. Dengan uji terbang ketiga berturut-turut yang berhasil dari rudal Agni Prime, akurasi dan keandalan sistem telah ditetapkan," ujar para pejabat India, dikutip Times of India.

Tes pertama dilakukan pada Juni tahun lalu dan yang kedua dilakukan enam bulan kemudian pada Desember. Dalam kedua kesempatan itu, pejabat juga merinci bahwa rudal 'mengikuti lintasan buku teks dan memenuhi semua tujuan misi dengan tingkat akurasi yang tinggi'.

'Agni Prime', atau 'Agni-P', adalah varian canggih generasi baru berkemampuan nuklir dari kelas rudal Agni. Rudal balistik permukaan-ke-permukaan itu memiliki jangkauan 1.000 hingga 2.000 km.

Diukur dari segi geografis, lepas Pantai Odisha berseberangan dengan garis pantai Sumatera, Indonesia. Bila rudal itu diluncurkan dari garis Pantai Odisha dengan arah garis lurus, rudal itu akan mampu mengenai target seperti kota Sabang di Provinsi Aceh.

Sementara itu, sepekan sebelumnya, India juga melaksanakan peluncuran rudal balistik dari kapal selam nuklirnya, INS Arihant. Rudal itu disebutkan mendarat di sebuah sasaran di wilayah Teluk Benggala dengan tingkat akurasi yang baik.

Dalam laporan Russia Today, peluncuran itu dilakukan sebagai perkuatan elemen kunci Negeri Bollywood dari ancaman nuklir. Rencananya, INS Arihant akan dipersenjatai oleh 4 rudal terbaru K-4 dengan jangkauan sekitar 3.500 km.(sumber: cnbcindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami