search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tunjangan Profesi Guru Bakal Cair, BPKAD Jembrana Pantau Penyalurannya
Kamis, 16 November 2023, 14:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tunjangan Profesi Guru Bakal Cair, BPKAD Jembrana Pantau Penyalurannya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Para guru di Jembrana gembira lantaran pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Triwulan III segera terealisasi. Meskipun demikian, ada beberapa poin kritis yang perlu diperhatikan dalam penyaluran dana tersebut.

Total anggaran yang signifikan, mencapai Rp8.668.269.900,00, seharusnya diikuti dengan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan. Pemantauan dari pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terhadap tata kelola keuangan perlu diperkuat untuk memastikan dana tersebut benar-benar memberikan manfaat maksimal kepada para guru.

Kepala BPKAD Jembrana, I Komang Wiasa mengatakan pihaknya memiliki tugas untuk memantau pengelolaan keuangan baik itu yang anggarannya bersumber daerah maupun dari pusat.

"Hari ini kondisi keuangan pemerintah kabupaten cukup sehat, urusan dana pusat yang ditransfer langsung ke sekolah seperti dana BOS, DAK non fisik itu memang langsung ke sekolah-sekolah, kita hanya memantau tata kelola keuangannya saja," ujarnya. 

Meski diumumkan pencairan dapat dilakukan dalam waktu singkat setelah persyaratan terpenuhi, keterlambatan penyaluran seharusnya tidak terjadi. Kecepatan pencairan sebaiknya tetap menjadi fokus untuk mencegah potensi kendala bagi para guru.

Pemerintah kabupaten Jembrana patut diapresiasi atas upayanya dalam mempercepat pencairan TPG. Namun, langkah-langkah lebih lanjut harus diambil untuk memastikan hak-hak para guru tidak hanya diterima, tetapi juga digunakan secara efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ketua PGRI Jembrana I Ketut Marhendra menyambut baik pencairan TPG namun penting bagi pemerintah setempat untuk terus mendukung para guru dalam optimalisasi pemanfaatan dana tersebut. 

"Transparansi dan aksesibilitas informasi terkait pengelolaan keuangan dapat memperkuat kepercayaan dan kepuasan para guru," tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami