search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cerita Warga Bali Mendaki Gunung Everest, Sempat Kencing Batu Es
Rabu, 10 Mei 2023, 22:18 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Cerita Warga Bali Mendaki Gunung Everest, Sempat Kencing Batu Es.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Seorang warga Bali bernama Made Surya Putra berhasil mendaki gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest pada November 2022 lalu.

Berbagai kisah menarik menyelimuti proses pendakiannya di gunung yang memiliki ketinggian 8.849 meter tersebut. Salah satunya adalah air kencing pendaki yang berubah menjadi es tipis di permukaan tanah. 

"Kalau di ketinggian di atas 4.500 mdpl, saat suhu mendekati -10 C, air dengan cepat berubah jadi lapisan es, jadi kencing pendaki akan menimpa es tipis di permukaan tanah, suaranya asyik," guraunya saat ditanya belum lama ini.

Meski ada kabar tentang banyaknya ratusan pendaki yang tidak berhasil dan meninggal di lokasi, nampaknya ia menganggap hal seperti itu tidak pengaruhi niatnya untuk mendaki. Bahkan isu suara misterius pada malam hari yang kerap terdengar oleh pendaki pada gunung yang rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet itu pun tidak diacuhkannya.

"Jangan terlalu percaya dengan segala macam berita tentang kejadian misterius di gunung," kata pria yang sudah mendaki sejak tahun 1987 itu.

Baginya, prinsip pendakian Gunung Everest sama saja seperti gunung lainnya. Asalkan sudah bersiap dengan pelatihan sebelumnya, trek pendakian masih bisa dibilang berat tapi wajar.

Yang terpenting, menurutnya ada tiga hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki dimana pun itu, yakni fisik, mental, dan finansial. Ketika ditanya apa latar belakang dirinya mendaki Gunung Everest, Surya menjawabnya dengan mudah sebagai bentuk keisengan. "Iseng aja, banyak gunung lain juga di Indonesia," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami